Friday, October 12, 2018

Tanamkan Karakter Antikorupsi, KPK Kirim Bus ke Balai Kota Semarang

Perang pada korupsi tidak cuma dikerjakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan operasi tangkap tangan (OTT), tetapi dengan memberi pendidikan buat generasi muda. Diantaranya lewat pekerjaan Road Show Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi.

Kesempatan ini Road Show Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi menyambangi Balai Kota Semarang, Jawa Tengah. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang ada dalam peluang itu menjelaskan, jujur dan berkarakter kuat adalah dasar untuk menyukseskan pembangunan. Tiada jujur dan berkarakter kuat, jadi pembangunan dalam bidang apa pun tidak akan berjalan.

Baca juga: Akreditasi Prodi UNIPA

"Untuk itu Road Show Bus KPK ini diantaranya untuk memberikan jujur dan berkarakter kuat antikorupsi pada penduduk, terutamanya anak-anak. Kami menyengaja mengundang banyak anak-anak sebab kami ingin bangun dasar ciri-ciri bangsa semenjak awal," tuturnya, Kamis (11/10/2018).

Road Show Bus KPK adalah pekerjaan yang telah dikerjakan di beberapa daerah lainnya. Kota Semarang adalah kota ke enam yang disinggahi bus KPK itu. Dalam tiap-tiap persinggahannya, Road Show Bus KPK mempertunjukkan bermacam pekerjaan menarik seperti permainan anak-anak mengenai antikorupsi, pemutaran film antikorupsi, bermacam hiburan sampai praktek jadi penyidik cilik KPK.

"Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, kami ingin menyatakan pada penduduk jika KPK tidak cuma institusi pengusutan. Akan tetapi kami ingin menggerakkan bagaimana usaha sosialisasi, mitigasi serta beberapa usaha pendidikan antikorupsi bisa jadi kesadaran bersama dengan untuk jadikan negeri ini makin baik," tuturnya.

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah KPK yang lakukan pengembangan dalam evaluasi serta kampanye antikorupsi pada penduduk. Menurut dia, acara seperti ini begitu bagus untuk memberikan nilai-nilai antikorupsi semenjak awal pada penduduk dengan menyenangkan.

Baca juga: Akreditasi Prodi IKJ

"Ada pekerjaan bermain, simulasi, hiburan serta semuanya berkaitan pendidikan antikorupsi. Diinginkan dengan pekerjaan ini akan muncul aksi serta bangun kesadaran penduduk berkaitan antikorupsi," tuturnya.

Walau demikian, Ganjar tidak bisa berjalan sendirian. Semua pihak baik pemerintah daerah atau penduduk mesti menolong KPK dalam usaha mitigasi korupsi ini. "Karena itu, kami kelak akan contoh pekerjaan seperti ini. Nanti akan kami lanjutkan di sini kegiatan-kegiatan mencegah korupsi yang dikerjakan KPK ini pada penduduk terutamanya anak-anak," tuturnya.

No comments:

Post a Comment