Tuesday, July 10, 2018

Ajarkan Nilai-nilai Demokrasi, UBL Sosialisasikan Pilkada Serentak

Fakultas Pengetahuan Sosial serta Pengetahuan Politik (Fisip) Kampus Budi Mulia (UBL) Jakarta mengadakan sosialisasi pilkada (pilkada) serentak tahun 2015, menjadi bentuk Dedikasi Pada Orang-orang (PKM).

Baca juga: Jurusan di UM

" Karena semuanya peserta sosialisasi pemilih aktif yang sudah memiliki pengalaman dalam pemilu, jadi materi yang dikasihkan lebih pada pendidikan demokrasi orang-orang, " kata Ketua Team PKM Fisip UBL Arin Fitriani, Kamis (27/8/2105).

Materi simulasi yang dikatakan mempunyai tiga point terpenting, pertama kebebasan, kesamaan, serta pengawasan tiap-tiap warga negara menjadi inti dalam demokrasi. Lalu, aktivitas diteruskan dengan simulasi demokrasi.

Proses simulasi demokrasi dikerjakan di Posyandu Anggrek 04, RT 06/09, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok. Dalam sosialisasi itu, peserta yang hadir banyak datang dari ibu rumah-tangga.

" Simulasi ini mengutamakan ada partisipasi aktif warga dalam mengkritik pemimpinnya sesuai sama nilai-nilai demokrasi. Salah satunya contoh dari demokrasi itu yaitu dengan membuat grup diskusi yang mengidentifikasi permasalahan, " terangnya.

Dengan lakukan identifikasi permasalahan di lingkungan semasing, beberapa ibu-ibu serta peserta sosialisasi ini diinginkan jadi lebih sensitif dengan kebutuhan-kebutuhan menekan yang mesti diseledaikan di lingkungan semasing.

Baca juga: Jurusan di UNESA

" Sesudah diskusi usai, mereka disuruh untuk tuliskan hasil diskusinya itu. Permasalahan yang mengemuka dalam diskusi diantaranya terkait dengan krisis air, pengelolaan sampah, serta keamanan lingkungan, " ujarnya.

No comments:

Post a Comment