Sunday, May 27, 2018

37 Perguruan Tinggi Adu Jago Karya Inovatif

 Kampus Indonesia (UI) jadi tuan-rumah proses Pagelaran Mahasiswa Nasional Bagian Tehnologi Info serta Komunikasi (GEMASTIK) IX/2016.

Sejumlah 119 tim yang datang dari 37 Perguruan Tinggi se-Indonesia juga akan berlaga membuat karya serta product inovatif di bagian Tehnologi Info serta Komunikasi (TIK) pada 10 kelompok lomba.

Baca juga: Biaya Kuliah PENS

10 kelompok lomba bagian TIK yang dikompetisikan pada GEMASTIK IX/2016 yaitu pemrograman, pengembangan aplikasi permainan, pengembangan piranti lunak, data mining, keamanan jaringan serta system info, animasi.

Lalu perangkat cerdas serta embedded sistem, desain user experience (UX), pengembangan usaha TIK, e-Government. Aktivitas GEMASTIK IX/2016 di Balairung UI adalah proses Sesi Final untuk ke-10 kelompok itu.

Beberapa peserta yang berperan serta adalah beberapa finalis yang sudah melalui sesi penyisihan yang dikerjakan mulai sejak bln. Juli 2016.

Beberapa perguruan tinggi yang sukses jadi finalis salah satunya Kampus Bina Nusantara (5 tim), Institut Pertanian Bogor (7 tim), Kampus Gadjah Mada (12 tim), Institut Tehnologi Bandung (13 tim), Institut Tehnologi Sepuluh Nopember (14 tim) serta Kampus Indonesia (19 tim).

Beberapa pemenang GEMASTIK IX/2016 juga akan peroleh keseluruhan hadiah uang tunai untuk pengembangan product inovatif sebesar 240 juta rupiah dan memiliki kesempatan peroleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia (www. imaginecup. com) untuk beberapa pemenang kelompok lomba Pengembangan Aplikasi Permainan, Pengembangan Piranti Lunak, Perangkat Cerdas serta embedded sistem, Pengembangan Usaha TIK serta e-Government.

“UI begitu mensupport aktivitas GEMASTIK ini karna searah dengan usaha UI didalam tingkatkan penguasaan tehnologi serta penambahan hasil karya inovasi mahasiswa. Aktivitas GEMASTIK juga searah dengan usaha strategis pemerintah didalam tingkatkan perubahan tehnologi jadi prasyarat tingkatkan daya saing bangsa Indonesia, " kata Rektor UI Muhammad Anis, Kamis (27/10/2016).

Baca juga: Biaya Kuliah UMB

Anis memohon supaya beberapa peserta memakai kesempatan untuk meningkatkan potensi diri jadi agen perubahan lewat pengembangan Iptek di masa saat ini serta masa mendatang. Dalam sembilan tahun paling akhir, Pagelaran Mahasiswa Nasional bagian Tehnologi Info serta Komunikasi (GEMASTIK) dengan berkaitan dikerjakan.

No comments:

Post a Comment