Friday, June 22, 2018

Mahasiswa Untar dan MNC Group Tanam Ribuan Mangrove di Pantai Marunda

Rusaknya rimba mangrove di lokasi teluk Jakarta bikin Mahasiswa UNTAR (Kampus Taruma Negara) berbarengan dengan MNC Grup lakukan penanaman pohon mangrove di pantai itu.

Ketua Panitia pelaksana pergerakan Semangka (seribu mangrove untuk kota Jakarta), Chicilia Wongsodiredjo menyatakan, sekalinya hal semacam ini termasuk juga dalam kelompok mata kuliahnya, tetapi dianya memiliki komitmen untuk melakukan perbaikan lingkungan kota jakarta.

Baca juga: Jurusan di UB

" Satu diantaranya dengan menanam mangrove, kita sadar, bagaimanapun juga banjir tidak dapat terlepas dari Jakarta. Kehadiran mangrove cukup membuat perlindungan Jakarta dari banjir serta abrasi, " ucapnya di tempat penanaman, Sabtu (23/4/2016).

Terutama penanaman yang dikerjakan oleh pihaknya, di lokasi Marunda juga membuat perlindungan cagar budaya Tempat tinggal si Pitung yang sekarang ini cuma berjarak 50 mtr. dari bibir pantai dan lokasi kampung nelayan, yang cuma berjarak kurang dari 10 mtr. dari bibir pantai.

" Apabila air laut gunakan serta rob, lokasi itu jadi kebanjiran, telah beberapa puluh tempat tinggal yang rusak disebabkan banjir itu, " katanya.

Dalam peluang ini, Chicilia menyatakan ada seputar dua cluster yang sudah ditanam 1. 300 pohon mangrove, satu clusternya sejumlah 650 bibit dengan jarak semasing 50 cm..

" Dasarnya kita mau lakukan suatu hal yang bermanfaat, jadi di banding lakukan festival hura-hura. Kita cobalah melakukan perbaikan lingkungan sedikit untuk sedikit, " ucapnya.

Satu diantara dosen Fakultas Komunikasi UNTAR, Donny De Keizer tidak menolak aktivitas yang dikerjakan oleh beberapa mahasiswanya dalam rencana evaluasi mata kuliah moment organizer. Cuma saja yang bikin Donny heran, dibanding grup yang lain, grup itu pilih menanam mangrove dibanding dengan bikin acara festival yang lain.

" Maka dari itu saya terperanjat, itu aneh dibanding grup yang lain, " tuturnya.

Walau sekian, Donny mengharapkan berharap, penanaman itu bisa dilakukan tindakan. Berarti, bukan sekedar menanam, namun juga lakukan perawatan supaya tumbuh besar, hingga diwaktu yang akan datang penanaman itu dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Baca juga: Biaya Kuliah UIN Bandung

Direktur Eksekutif Yayasan Restorasi Mangrove Indonesia, Nurul Ikhsan menyampaikan sejak era 18, rimba mangrove di bibir pantai utara selalu alami penyusutan. Dari keseluruhan awal sebesar 43 ribu hektare di selama 35 km., jadi cuma seputar 4. 000 hektare di tiga km..

" Dapat saya tegaskan itu keadaannya gawat, dibanding di lokasi Kapuk, Marunda keadaan sangatlah memprihatinkan, walau sebenarnya dulu itu yaitu lokasi rimba mangrove, " katanya.

Dalam acara ini dapat, MNC TV ikut menghibur beberapa mahasiswanya. Dengan bikin acara hiburan musik akustik, mahasiswa dia ajak bernyanyi dengan artis terkenal salah satunya Mahadewi, Anna Primadona, serta Arum Primadona dan di hadiri oleh Miss Earth Indonesia Eco Tourism 2015, Grecia Hutapea.

No comments:

Post a Comment