Thursday, November 1, 2018

Siang Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Bandung, Catat Waktunya

Penduduk Kota Bandung serta seputar dapat melihat kejadian hari tiada bayangan besok, Kamis (11/10/2018) besok. Kejadian alam yang berlangsung 2x dalam setahun ini akan berjalan pas jam 11.36 WIB.

Baca juga: Jurusan di POLINES

Kepala Stasiun Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya menjelaskan kejadian siang tiada bayangan adalah momen yang teratur berlangsung setahun 2x. Kejadian siang tiada bayangan itu biasa berlangsung pada Maret serta Oktober di Pulau Jawa.

"Kejadian ini tidak ada efek pada manusia. Kejadiannya karena tempat matahari yang tegak lurus di seputar Pulau Jawa," tuturnya waktu dihubungi, Rabu(10/10/2018).

Tony menuturkan, siang tiada bayangan yang akan berlangsung pada Kamis (11/10/2018) pas jam 11.36 itu cuma berlangsung saat 5-10 menit. Hingga, waktu tempat matahari ada tegak lurus diatas Pulau Jawa, bayangan manusia atau benda yang terserang cahaya matahari di halaman luar seolah hilang atau tidak tampak. "Sesudah itu bakal jadi biasa kembali, bayangan tampak," katanya.

Tony mengatakan, penduduk tidak perlu cemas karenanya ada kejadian siang hari tiada bayangan. Karena, kejadian alam ini tidak mempunyai efek negatig pada manusia.

Baca juga: Jurusan di UNTIDAR

Seperti didapati, kejadian alam siang hari tiada bayangan tidak cuma berlangsung di Kota Bandung serta sekelilingnya. Momen nirbayangan ini dapat juga dilihat langsung penduduk di sejumlah tempat di Indonesia. Berdasar pada prakiraan BMKG, siang tiada bayangan dengan tempat matahari tegak lurus akan berlangsung di lokasi Kota Semarang pas pada jam 11.25 WIB. Lalu, siang tiada bayangan ini dapat dilihat masyarakat Surabaya serta sekelilingnya pada Jumat (12/10/2018) jam 11.15 WIB serta hari selanjutnya di lokasi Yogyakarta (13/10) seputar jam 11.24 WIB.

No comments:

Post a Comment